Cara koneksi internet via modem USB di linux

Posted By Unknown on Monday 29 July 2013 | Monday, July 29, 2013

Berikut informasi sekilas mengenai bagaimana port USB modem kita bisa koneksi di linux, terkadang port usb yang kita beli tidak support terhadap sistem operasi linux karena memang biasanya ada informasi di box modem kita tidak tertera informasi mendukung sistem operasi linux disitu hanya tertera mendukung sitem operasi windows, oleh karena itu artikel ini memberika gambaran informasi bagaimana kita bisa tetap ber internet an ria. let' go modem disini menggunakan modem huawei dan linux ubuntu
1. Download aplikasi disini. Terus terang saya juga heran file aplikasi tersebut saya cari-cari situsnya Huawei nggak ada. Untuk mengamankan file, saya simpan di file sharing Dropbox saya.
2. Ekstrak file hasil download di folder Downloads / Unduhan dengan cara klik kanan  –> klik pilih Extract Here. Akan ada folder baru bernama Linux


3. Cara menginstall : Pertama-tama masuk ke terminal dan masuk sebagai administrator dengan cara ketik :
$ sudo su    [Enter dan masukkan password]
Kemudian masuk ke folder dimana file hasil ekstrak tersimpan (dalam hal ini file di komputer saya tersimpan di folder Downloads/Linux), maka ketik sbb. :
# cd Downloads               –> Kalau Anda menggunakan Linux bahasa Indonesia = “Unduhan”
# cd Linux
Install Phone Manager dengan mengetik :
# bash install


Proses install akan berjalan dan apabila ada pertanyaan ”Please input the install path [/usr/local/Mobile_Partner :]” tekan Enter saja.
4. Menjalankan Aplikasi
Aplikasi Phone Manager Huawei berada di Applications –> Internet –> Mobile Partner dan berjalan secara otomatis setiap booting.

Untuk pertama kali pada saat akan menjalankannya tentunya harus disconnect koneksi internet di Network Manager, cabut dan tancapkan kembali USB Modem agar “device” terdeteksi oleh sistem.
5. Setting Aplikasi
Langkah selanjutnya adalah melakukan setting koneksi sesuai provider masing-masing. Karena saya menggunakan Telkomsel Flash, maka settingnya adalah Tools –> Options –> Profile Management sebagai berikut : APN = internet, Acces Number = *99#, User Name = wap, Password = wap123. Kalau perlu Diagnostik Network-nya dan sistem akan meminta untuk menentukan Nama Profile, misal disini saya pakai nama profile “Telkomsel Flash”.

Setelah Network terdeteksi (biasanya secara otomatis), maka tinggal klik “Connect” di Tab Connection


Dan sekrang anda telah berhasil melakukan koneksi internet di linux
ada bebapa catatan harus di catat yakni
1. terkadang ketika kita menjalankan aplikasi ini ada beberapa tidak bisa kita jalankan, oleh karena itu perlu beberapa kali pengulangan
2. beck up lah informasi peting anda
3. belom tau merk modem lain bisa di jalankan
4. kerjakan
Blog, Updated at: Monday, July 29, 2013

0 comments:

A Theme For